IGI Targetkan Membagi Sejuta Buku ke Sekolah


JAKARTA - Ikatan Guru Indonesia (IGI) menargetkan dapat membagi buku-buku pengayaan dan pelajaran ke berbagai sekolah di Indonesia.


Buku-buku yang bakal disumbangkan secara gratis ke sekolah-sekolah yang membutuhkan tersebut, antara lain diperoleh dari penerbit buku.

Program membagi buku ke sekolah-sekolah merupakan bagian dari Gerakan Indonesia Membaca yang digagas IGI. Dukungan perdana untuk program ini, datang dari penerbit Sinergi Pustaka Indonesia dan Smart Grafika.

Sekretaris Jenderal IGI, Mohammad Ihsan, di Jakarta, Senin (9/4/2012), mengatakan, Sinergi dan Smart akan mendedikasikan ratusan ribu buku pengayaan pembelajaran dan ensiklopedia untuk anak-anak Indonesia.

"Kami targetkan bisa membagikan satu juta buku secara nasional," kata Ihsan.

Pada tahap awal, Gerakan Indonesia Membaca dilaksanakan di Jawa Timur dengan tagline: Jatim Membaca. Sekitar 100.000 buku pengayaan pembelajaran jenjang SD dan SMP/madrasah sudah ada di gudang Surabaya.

"Buku yang dibagikan dalam kondisi buku baru, bukan buku bekas. Targetnya adalah sekolah-sekolah yang belum memiliki perpustakaan di kelasnya. Cabang IGI di seluruh Jawa Timur akan memilih sekolah dan mendistribusikannya," jelas Ihsan. Ketua Departemen Peningkatan Mutu Pendidikan IGI Agung Wibowo menambahkan Gerakan Indonesia Membaca ini untuk membudayakan membaca di sekolah.

"Kami ingin mendekatkan buku kepada siswa. Bukan siswa mendekati buku, sehingga buku dengan mudah dijangkau siswa dan dibaca secara rutin sebelum memulai pelajaran," tutur Agung.

Agung berharap, setiap sekolah bisa membudayakan membaca ini. Caranya sangat sederhana, misalnya menetapkan jam membaca buku apa saja di sekolah, di awal sebelum jam pelajaran dimulai, sebelum istirahat, atau sebelum pulang sekolah. IGI akan mengajak sejumlah pihak, baik perorangan maupun perusahaan, untuk bergandengan tangan menggerakkan program ini.

"Dengan membaca, bangsa ini akan semakin besar. Budaya membaca menjadi pondasi peradaban bangsa lebih baik," kata Agung.

Sementara itu Presiden Direktur PT Sinergi Pustaka Indonesia, Hanggoro Santoso, merasa bangga dengan program ini. "Kami berharap sekolah dan anak-anak bisa memanfaatkan buku-buku ini dengan baik. Kami berikan buku-buku baru," ujar Hanggoro.

Sumber : KOMPAS

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost