Guru Dimutasi, Siswa Terpaksa Jadi Guru


Salah satu siswa yang menggantikan posisi guru untuk mengisi pelajaran di kelas, setelah guru kelas mereka dimutasi secara tidak prosedural
PAMEKASAN — Taufiqurrahman, guru kelas di SDN Batukerbuy II, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, tiba-tiba dimutasi dari sekolahnya. Pemindahan ini terbilang misterius. Pasalnya, guru tersebut tidak pernah diusulkan oleh sekolahnya untuk dimutasi ke sekolah lain. Apalagi, guru di sekolah tersebut hanya ada dua orang.

Kepala SDN Batukerbuy II Suryo Adi kepada Kompas.com, Senin (9/4/2012), mengatakan, mutasi guru itu diketahui hari ini. Itu pun setelah ada surat tembusan mutasi yang ditandatangani Plt Sekretaris Daerah Pamekasan, Herman Kusnadi, yang dibawa oleh guru yang bersangkutan.
"Dalam surat tembusan itu, guru Taufiq telah dimutasi ke SDN Blumbungan II Kecamatan Larangan. Mutasi itu juga setelah dikonfirmasi kepada Kepala Cabang Dinas, ternyata sama-sama tidak tahu soal mutasi tersebut," terang Suryo Adi.

Adanya surat mutasi itu sungguh mengejutkan pihak sekolah dan Kepala Cabang Dinas sendiri. Suto Wijoyo, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Pasean, mengaku tidak tahu soal mutasi guru tersebut. "Saya baru tahu setelah ada surat tembusan itu," terangnya.
Mutasi guru tersebut dianggap tidak prosedural. "Prosedur mutasi itu harus melalui persetujuan kepala sekolah yang bersangkutan dan kepala cabang dinas. Setelah itu baru persetujuan itu diajukan kepada kepala dinas," ungkapnya.

Dengan mutasi satu guru kelas di sekolah tersebut, jumlah guru betul-betul krisis. Yang tersisa hanya satu guru kelas dan satu kepala sekolah. Akhirnya, sekolah mengambil inisiatif agar siswa menggantikan guru yang dimutasi untuk mengisi jam pelajaran. "Kalau kelas dibiarkan kosong, kasihan anak-anak tidak belajar. Apalagi saat ini menjelang pelaksanaan ujian nasional," ujar Suryo Adi

Sumber : KOMPAS

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Bluehost